Kamis, 03 Desember 2009

Cerita Film Balibo Five yang Kontroversial

Film Balibo Five asal Australia gagal tayang di bioskop kesayangan kita, meskipun Film ini telah menarik perhatian banyak kalangan insan perfilman nasional, meskipun sebelumnya Film Balibo Five ini sempat ditayangkan di Festival Film International Melbourne. Film Balibo Five bercerita mengenai kejadian di Timor Leste yang terjadi beberapa tahun lalu yang melibatkan 5 orang wartawan Australia. Banyak pihak yang menyayangkan gagal tayangnya Film ini karena ini hanyalah sebuah Film akan tetapi hal tersebut ditanggapi serius oleh lembaga sensor Film kita, tidak seperti Film air terjun pengantin, meski mengadung adegan dewasa tetep losos sensor.

Film tersebut dirilis di Australia awal tahun ini, hanya seminggu sebelum Kepolisian Australia (AFP) mengumumkan mereka akan membuka kembali penyelidikan kasus tersebut.




Meski sepi di Indonesia, isu Balibo Five kembali ramai di Australia. Apalagi, setelah Kepolisian Federal Australia (AFP) membuka kembali kasus kasus dugaan kejahatan perang tersebut pada 20 Agustus 2009.

Beberapa petinggi TNI diincar atas dugaan keterlibatannya dalam kematian lima wartawan tersebut, dua diantaranya masih hidup.

Sejumlah mantan petinggi TNI diduga terlibat, termasuk Yunus Yosfiah, anggota Komisi Keuangan dan Anggaran Dewan dari Fraksi PPP.

Nama-nama lain yang disebut adalah Benny Moerdani, Dading Kalbuadi, dan Cristoforus da Silva. Benny dan Dading telah meninggal dunia.

Sinopsis atau cerita Film balibo Five ini menjadi kontoversi sehingga gagal tayang dikarenakan pada akhir Cerita ke-5 wartawan australia tersebut meniggal karena dibunuh oleh militer Indonesia. Namun pihak Indonesia penyebab meninggalnya ke-5 wartawan tersebut, karena adanya baku tembak yang terjadi pada saat itu., cerita wartawan yang mencoba mendapat gambar di garis depan tersebut menjadi topik utama film yang di Sutradarai oleh Robert Connolly.

Dengan diputaran Film balibo Five ditakutkan akan menimbulkan perselisihan diantara kedua negara yakni Indonesia - Australia dimana hubungan bilateral kedua negara sekarang ini sendang dalam keadaan baik. Pemerintah Indonesia sendiri menganggap kasus Balibo sudah selesai dan meyakini bahwa pembuatan Film Balibo Five tersebut merupakan imajinasi dari sutradara yang ingin menggambarkan kejadian balibo tersebut kedalam sebuah film. Menurut rencana Film ini akan diputar pada tanggal 4 Desember ini

Dengan gagal tanyangnya Film balibo Five ini maka membuat banyak pihak yang mencari link free download atau video trailer Film balibo Five ini, meskipun penonton di Indonesia mengunggu Film ini dengan antusias dan dikatakan bahwa masyarakat yang pengen nonton Film balibo Five ini membludak akan tetepi film ini kemungkianan besar tidak akan tayang di Indonesia, jadi langkah yang kita ambail ya searching di google aja siapa tau kit amendapatkan link free download Film balibo Five ini,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar